Breaking News

Sabtu, 03 Oktober 2015

MANFAAT SENAM AEROBIK

MANFAAT  SENAM AEROBIK

Senam aerobik merupakan salah satu latihan kardio yang sangat efektif untuk membakar lemak tubuh. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, senam aerobik sangat baik untuk kesehatan tubuh secara menyuluruh.

Anda dapat melakukan senam aerobik dimana saja, bahkan jika Anda tidak sempat pergi ke pusat kebugaran, Anda tetap bisa melakukan senam dasar aerobik di rumah.

Senam Aerobik sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh manusia, terutama sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain tidak berat, senam ini juga termasuk santai dan tidak membutuhkan tenaga lebih sehingga dapat dilakukan oleh berbagai kalangan seperti wanita hamil, orang tua, dan anak anak.Lalu apa manfaat senam aerobik ini ?
Berikut adalah berbagai rincian manfaat yang anda dapatkan dari melakukan senam aerobik secara rutin.
1.Aerobik dapat meningkatkan stamina dan daya tahan. Pasti setiap manusia pernah mengalami letih dan lesu dalam menjalankan berbagai aktivitas bahkan cenderung mudah sakit. Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan stamina untuk beraktivitas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2.Meningkatkan fungsi jantung. Nah dalam hal ini aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup ampuh. Aerobik dapat meningkatkan denyut dan menstabilkan irama jantung sehingga akan lebih sehat.
3.Mengurangi Berat Badan. Tentu setiap olahraga memiliki peran dalam menurunkan berat badan manusia, salah satunya adalah aerobik yang terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan secara bertahap.
4.Mengurangi berbagai penyakit / mencegah penyakit. Nah yang satu ini penting untuk anda ketahui, aerobik dapat membantu mencegah berbagai penyakit berbahaya sebut saja stroke, jantung, kolesterol, dan berbagai kemungkinan lain bahkan penyakit kanker.
5.Ingin umur panjang ? Aerobik Solusinya. Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 1986, mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya ada hubungan ilmiah antara olahraga dan umur panjang. Aerobik merupakan salah satu olahraga yang dapat membuat tubuh anda sehat dan memiliki umur panjang
6.Meningkatkan Kesehatan Otot. Otot manusia membutuhkan oksigen untuk membantu agar terhindar dari asam laktat atau limbah lainnya. Aerobik akan mendorong pembuluh darah untuk menyediakan cukup oksigen dalam otot dan menjauhkannya dari berbagai limbah. Selain itu, dengan aerobik juga dapat mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh penderita nyeri otot kronis dan sakit punggung.
7.Meningkatkan mood dan mengurangi stres. Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat mengaktifkan endorfin yang dapat memberikan rasa tenang dan sejahtera. Selain itu dengan melakukan aerobik anda juga dapat mengurangi stres yang ditimbulkan oleh berbagai aktivitas serta kesibukan anda.
8.Membersihkan arteri. Latihan aerobik dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) sekaligus dapat menurunkan low-density lipoprotein (LDL), kolesterol jahat dalam darah. LDL dapat mengakibatkan penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung.
9.Memperkuat napas/stamina, jika anda sering merasa lelah ketika baru beraktivitas sebentar saja, itu artinya napas anda tidak kuat yang dapat disebabkan oleh lemak dan gangguan aliran oksigen dalam darah. Aerobik rutin dapat membantu mengembalikan fungsi napas agar anda lebih powerful dan kuat beraktivitas.
10.Mengurangi tekanan darah tinggi. Aerobik juga dipercaya dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan dengan membantu melancarkan peredaran darah dan oksigen dalam tubuh.
11.Mencegah diabetes, sudah rahasia umum olahraga seperti aerobik merupakan cara ampuh untuk mencegah diabetes.
12.Mengatasi insomnia, insomnia merupakan penyakit sulit tidur yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Terlepas dari penyebabnya, ternyata aerobik juga dapat membantu anda mengatasi sulit tidur dan membuat anda lebih nyenyak untuk tidur.
13.Aerobik memperkuat tulang dan sendi. Ini adalah manfaat yang sangat penting bagi perempuan karena tulang yang kuat dan sendi mengurangi kemungkinan seorang wanita untuk terkena penyakit osteoporosis.
14.Awet muda. Rajin beraerobik merupakan salah satu rahasia untuk membuat anda awet muda, pembakaran kalori,lemak, dan pembuangan keringat akan membantu meningkatkan elastisitas otot dan kulit sehingga tampak lebih cerah dan bersinar.

15.Untuk ibu hamil, aerobik dapat membantu persalinan normal dengan meningkatkan elastisitas otot.
Cara Melakukan Senam Aerobik Di Rumah
Sebelum memulai senam aerobik, ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan. Diantaranya adalah pemanasan, latihan inti, dan pendinginan.

Pemanasan

Pemanasan wajib dilakukan untuk menghindari cidera saat melakukan senam aerobik. Pemanasan bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh, menaikkan denyut jantung, dan mempersiapkan otot-otot dan persendian.

Beberapa gerakan pemanasan yang bisa Anda lakukan adalah jalan di tempat, melangkah dari sisi ke sisi dan menggerakkan lengan pada tingkat pinggang atau lebih tinggi. Lakukan kurang lebih selama 5-10 menit hingga tubuh Anda siap melakukan latihan inti dengan intensitas yang lebih tinggi.

Latihan Inti

Setelah tubuh Anda siap, maka dapat melakukan latihan inti dengan intensitas yang lebih tinggi. Anda dapat melakukan latihan inti kurang lebih selama 25-55 menit. Berikut ini berapa jenis gerakan dalam senam aerobik.
•Marching. Gerakan jalan di tempat dengan mengangkat kaki kira-kira setinggi betis, lutut di tekuk 90 derajat.
•Jogging. Menggerakkan atau menekukkan kaki ke arah belakang, dengan lutut mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah menggunakan persendian engkel dan lutut.
•Kicking. Gerakan mengayunkan tungkai ke depan atau ke samping dalam keadaan lurus setinggi pingggang atau lebih.
•Single Step. Gerakan kaki melangkah satu langkah ke kanan atau ke kiri, dengan gerakan terakhir menyentuhkan bola, lutut tumpu agak ditekuk, kedua lutut merapat dan menghadap ke depan.
•Bouble Step. Gerakan dengan melangkah dua langkah ke kanan atau ke kiri dengan gerakan terakhir merapatkan kaki dengan menyentuhkan bola kaki, posisi lutut menghadap ke depan, lutu kaki tumpu agak ditekuk.

•Gripevire. Gerakan dengan melangkah dua langkah ke kanan dan ke kiri seperti double step tetapi dengan menyilangkan kaki ke belakang.
•Leg Curl. Gerakan menekuk kaki ke arah belakang.
•Heel Touch. Gerakan menyentuhkan tumit kaki ke kanan, ke kiri atau ke depan dengan sedikit menekuk lutut tumpu, berat badan berada pada kaki tumpu.

Manfaat Senam Aerobik dan Panduan Latihan Senam Aerobik

Jika selama ini kita melakukan senam aerobik mengikuti instruksi dari pelatih senam di loka fitnes. Oleh sebab itu kita tak perlu lagi menghitung atau membuat rancangan antaran gerakan senam dengan waktu tempo atau panduan senam aerobik lainnya. Nah, bagaimana jika kita ingin melakukan senam aerobik sendirian di rumah? Itu artinya kita harus mengetahui bagaimana panduan latihan senam aerobik, supaya tak salah dan Manfaat Senam Aerobik kita rasakan. Berikut panduan latihan senam aerobik di rumah:

1.Pemanasan ( Warming Up ). Dalam fase ini bisa menggunakan pola warming up nan didahului oleh kegiatan stretching atau penguluran otot-otot tubuh dan dilanjutkan dengan gerakan bergerak maju pemanasan. Pola nan kedua yaitu kebalikan dari pola pertama dimana seseorang melakukan pemanasan bergerak maju dulu kemudian dilanjutkan dengan melakukan kegiatan penguluran otot-otot tubuh atau stretching .
2.Kegiatan Inti. Fase latihan ialah fase primer dari sistematika latihan senam aerobik. Dalam fase ini sasaran latihan haruslah tercapai. Salah satu indikator latihan telah memenuhi sasaran ialah dengan mempredikdi bahwa latihan tersebut telah mencapai training zone. Training zone ialah daerah ideal denyut nadi dalam fase latihan. Rentang training zone ialah 60 % - 90 % dari denyut nadi maksimal seseorang (DNM).
3.Pendinginan ( Cooling Down ). Pada fase ini hendaknya melakukan dan memilih gerakan-gerakan nan mampu menurunkan frekuensi denyut nadi buat mendekati denyut nadi nan normal, setidaknya mendekati awal dari latihan. Pemilihan gerakan pendinginan ini harus merupakan gerakan penurunan dari intensitas tinggi ke gerakan intensitas rendah.

Manfaat Senam Aerobik Tips Senam Aerobik

Untuk menghindari cedera dampak salah melakukan gerakan dan atau imbas jelek lainnya, beberapa tips di bawah ini mungkin dapat membantu mengatasinya, antara lain sebagai berikut.

1.Pergunakan sepatu spesifik buat aerobik sinkron ukuran - tak kebesaran dan sebaliknya tak terlalu sempit - sehingga anda akan merasa nyaman melakukan gerakan-gerakan senam aerobiknya.Lebih baik dengan mengikuti pelatih senam agar tak ada kesalahan dalam melakukan gerakan

2.Biasakan mengikuti latihan aerobik dengan istruktur nan sama. Pelatih nan sama akan melakukan gerakan nan sama pula, sehingga memudahkan buat mengikutinya
3.Jika anda merasa tak dapat mengikuti seluruh gerakan, tidak perlu memaksakan diri. Hal ini buat menghindari anda melakukan gerakan nan salah sehingga berujung dengan cedera
Selain beberapa tip di atas, dalam mengikuti senam aerobik agar khasiatnya optimal, Anda juga harus menyesuaikan kadar latihan berdasarkan program nan diinginkan. Menurut beberapa sumber, intensitas latihan seseorang dipandang baik jika berada dalam rentang 60-90% dari denyut nadi maksimal.

Hasil ini ialah apa nan disebut sebagai zona training. Salah satu elemen nan menentukan denyut nadi maksimal (DNM) ialah usia seseorang. Contoh di bawah ini barangkali dapat menjelaskan tentang interaksi antara DNM, usia, dan sebera jauh prosentase dari zona trainingnya.

Misalnya Anda berusia 35 tahun. Untuk menentukan DNM rumusnya ialah DNM = 220-usia (dalam tahun). Maka denyut nadi maksimum buat Anda ialah 220-35 atau 185. Lalu buat menentukan zona training yaitu 60% x 185 sama dengan 111 detak/menit. Jadi, dengan demikian intensitas latihan Anda berada pada zona training atau zona nan baik jika menghasilkan denyut nadi maksimum sebanyak 111 detak/ menit.
Baca Selanjutnya..................stockilmu.blogspot.com

2 komentar:

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    BalasHapus

  2. LEGENDAQQ.NET
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : LegendaqqPoker

    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www. legendapelangi(dot)net
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    BalasHapus

Created By STOCKILMU